Kamis, 06 Februari 2014

Jangan Panggil aku ''si Padang''

Yobana ilang aka ambo mancaliak antah dari ma kisah ko bamulo antah, ketika pada akhirnya Orang Minang justru di imbau sebagai Orang Padang, sajak sisuak sampai kini kesalahan tu terus mengalir begitu saja.

Sepertinya kita anak negeri penghuni Ranah Minang tenang-tenang saja, dan sepertinya pula kita Orang Minang sudah membenarkan dengan begitu saja ketika kita yang terlahir di Bukittinggi, ketika kita yang terlahir di Lima Puluh Kota misalnya, justru kita dipanggil sebagai Orang Padang. 

Sebutan Orang Padang ko agaknyo yobana lah lakek di banak urang banyak ketimbang maimbau Orang Minang. Padahal sesungguhnyo bana Padang itu sendiri hanyalah setumpak kecil wilayah dalam hamparan luas Ranah Minang nan rancak sangaik.

Tapi baa kok urang lua tu, atau urang urang nan salain dari suku Minang lah lidahnyo justru lebih fasih menyebut istilah Orang Padang ketimbang Orang Minang..

Mereka lebih terbiasa menyebut Adat Padang ketimbang Adat Minang, mereka terbiasa menyebut Bahasa Padang ketimbang Bahasa Minang, dan kitapun sadar atau tidak dimana tanah parantauan dipijak terlalu sering melabeli diri dengan label ''Padang'' daripada ''Minang''

Maka nan tanamo justru Rumah Makan Padang bukan Rumah Makan Minang, padahal di kota Padang itu sendiri ndak do Rumah Makan Padang do, meski lamak Sate Padang dirantau urang menjadi buah bibia di urang banyak, namun bukankah di Ranah Minang itu sendiri Sate Padang yang sesungguhnya justru kalah pamor jo Sate Pariaman, Sate Danguang-Danguang atau sate Padang Panjang….? Bahkan lamak jo sate di kelok Juma-aik lae nan dibawah Simpang Kik Adang tu ha..hahhaaa

Kita sendirikah yang telah membengkokkan sebuatan Minang menjadi Padang…? Ataukah memang kita sepakat dan setuju dengan begitu saja katiko darah minang nan mengalir dibadan wak koha disabuik sebagai darah Padang..?

Begitu pula agaknya kenapa setiap kubuka jendela pesbuk-ku ado se kawan kawan lamo nan manyapo, ''ba kaba Padang kawan?'' Kami lah taragak Jam Gadang jo Ngarai Sianok 'ha. Bahkan kawan ambo di rantau nan kampuang nyo di Suliki ten ha sato sato lo manyabuik ''rindu pulang ka Padang''

Maka berkali-kali pula ambo maluruihan pertanyaan dan pernyataan sahabat-sahabatku itu bahwa: ''wak ndak di Padang do! Ngarai Sianok jo Jam Gadang tu bukan di Padang, tapi di Bukittinggi, Suliki tu 150 km labiah dari kota Padang, baa kok sato lo manyabuik taragak pulang ka Padang Mpuang…? ''Oh, Bukittinggi jo Padang samo se tu nyo.. (keceknyo)

Begitulah tragisnya sahabat-sahabatku sering salah paham dalam membayangkan Ranah Minang, begitu makin populernya istilah Orang Padang ketimbang Orang Minang, makanya kalau ada yang mengatakan bahwa Orang Padang itu pelit, saya jawab iya…! 
Kalau ada yang bilang Orang Padang itu licik, saya jawab iyaa juga…!
Kalau ada yang bilang Orang Padang itu doyan ngibul, gadang ota, gadang suaro, gadang garegak, gadang karengkang, gadang sarawa….

Ya…saya jawab iya…!

Lho kok iya? Yaa…. iyaaa aja…

Habis saya bukan Orang Padang siiih…saya kan Orang Bukittinggi..! alias Bukik Gadang.

Begitu selalu kelakar ringan ini sering saya pelintir untuk sekedar menghibur diri ketika ke-MINANG-anku terasa begitu mengganjal saat aku dipanggil sebagai ''Si Padang''. 


EJK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar